Tips Menghemat Daya Baterai Alat Bantu Dengar Cepat Habis

Tips Menghemat Daya Baterai Alat Bantu Dengar Cepat Habis

Alat bantu dengar digital memanfaatkan baterai sebagai sumber dayanya agar tetap berfungsi. Pemakaian yang terus menerus akan membuat baterai alat bantu dengar cepat habis. Pengguna alat bantu dengar pasti akan sangat kesulitan jika tiba-tiba alat bantu dengarnya kehabisan daya baterai.  

Baterai alat bantu dengar adalah baterai yang hanya sekali pakai. Pengguna harus segera melakukan penggantian jika dayanya sudah habis. Harga baterai yang mahal membuat para penggunanya harus menghemat daya baterai agar bisa lebih tahan lama. Berikut beberapa cara menghemat daya baterai yang mudah habis.

1. Simpan di Tempat yang Kering

Ketika pertama kali dibeli oleh pengguna dari pelapaksemisal Aqm-hearingcenter.com lazimnya, baterai dikemas dalam bentuk paket. Paket tersebut berisi beberapa baterai yang masih baru dan bisa langsung digunakan. Masing-masing alat dengar biasanya hanya membutuhkan satu baterai saja sehingga sisanya harus disimpan. Ketika melakukan penyimpanan tersebut, pengguna harus mengikuti standar yang tertera dalam keterangan kemasan, yakni harus di tempat kering.

2. Biarkan Tab Platik Baterai

Perlu untuk diketahui, baterai alat bantu dengar akan aktif otomatis jika sudah terkena udara. Aktifnya baterai tersebut membuat baterai memiliki daya untuk mengoperasikan alat bantu dengar. Daya baterai yang sudah aktif tidak bisa dikembalikan kembali atau dinonaktifkan kecuali daya tersebut sudah habis.

Fungsi dari tab plastik yang membungkus baterai baru yaitu untuk mencegah kontak baterai dengan udara dan memastikan baterai tetap nonaktif. Tab Plastik tidak boleh dilepas kecuali baterai tersebut akan dipakai di alat bantu dengar. Hal ini penting untuk mencegah hilangnya daya baterai sebelum digunakan.

3. Bersihkan Tangan Sebelum Memegang Baterai

Pemborosan daya pada baterai bukan hanya terjadi karena suhu atau udara saja. Kotoran pada tangan yang menempel pada baterai juga akan mempengaruhi performa baterai. Kontaminasi kotoran bahkan juga bisa merusak baterai yang dimiliki.

Pengguna yang akan memasang atau melepas baterai sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu supaya tidak ada kotoran pada tangan. Tangan yang bersih bukan hanya bagus untuk baterai, tetapi juga untuk telinga. Baterai juga harus sering dibersihkan dengan Cotton Swab agar tetap terjaga kebersihan dan kelembapannya.

4. Lepas Baterai Ketika Tidak Digunakan

Alat bantu dengar biasanya akan ditaruh dan dimatikan ketika penggunanya akan tidur di malam hari. Baterai tersebut sebaiknya dikeluarkan dari alat bantu dengar ketika alat bantu tersebut dimatikan. Karena daya baterai akan tetap dipakai oleh alat tersebut jika dibiarkan tetap di dalam alat bantu dengar.

Cara ini memang tidak akan menghentikan pengunaan daya baterai, tetapi bisa digunakan untuk penghematan daya. Pelepasan baterai dalam jangka waktu secara teratur akan mampu memperpanjang usia daya baterai. Pelepasan baterai juga membantu mengurangi kelembapan dalam tempat baterai.

5. Batasi Penggunaan Aksesoris

Tipe alat bantu dengar terbaru sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang sangat membantu para penggunanya. Fitur tersebut salah satunya menghubungkan alat bantu dengan perangkat seluler melalui Wifi dan Bluetooth. Pengguna bisa langsung mendengarkan musik atau video tanpa harus menambah alat lain.

Kekurangan dari fitur ini yaitu pemakaian dayanya yang sangat besar. Fitur tersebut akan memakan banyak daya baterai jika diaktifkan. Pengguna bisa menonaktifkan fitur tersebut atau membatasi penggunaannya jika ingin menghemat daya baterai yang digunakan.

Daya alat bantu dengar harus benar-benar dihemat terutama saat berada di luar rumah. Pemakaian dan perawatan yang tidak tepat membuat daya baterai alat bantu dengar cepat habis. Menjaga performa baterai tidak hanya membuat umur baterai lebih tahan lama, tetapi juga membuat alat tersebut menjadi lebih awet.