3 Jenis Pompa Mesin RO dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

3 Jenis Pompa Mesin RO dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Mesin RO adalah teknologi yang digunakan untuk menyaring air agar bisa dikonsumsi. Awalnya teknologi ini digunakan oleh NASA untuk memenuhi konsumsi air astronot di luar angkasa. Selanjutnya mesin ini mulai dikembangkan hingga saat ini. Namun, dibalik kegunaannya untuk menyaring air, rupanya jenis pompa air mesin RO menyesuaikan sumber air dan kegunaannya. Simak ulasan berikut ini:

1. Pompa Mesin RO Air Laut

Jenis pompa mesin RO yang pertama adalah pompa mesin RO air laut. Terlihat dari namanya tentu pompa ini berguna untuk menyaring air yang bersumber dari laut. Air dari laut yang bersifat asin memiliki kandungan garam dan zat mineral lain yang tinggi. Hal ini membuat air laut tidak layak dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Untuk itu agar air asin bisa dikonsumsi, air asin perlu disaring menggunakan mesin RO. Namun, pompa yang harus digunakan untuk mesin RO air laut ini berbeda dengan pompa mesin RO yang lain. Pompa khusus mesin RO air laut haruslah memiliki tekanan yang sangat tinggi. Untuk menghasilkan air tawar untuk diminum, pompa mesin RO harus mencapai tekanan 750-900 psi.

Sebab kandungan garam dan mineral lain yang tinggi di dalamnya, air laut harus disaring dengan pompa axial piston. Pompa inilah yang bisa memberikan tekanan mencapai 750-900 psi pada mesin RO. Bukan hanya itu saja, pompa ini juga harus dipadukan dengan membrane SWRO atau Sea Water Reverse Osmosis.

2. Pompa Mesin RO Air Payau

Air payau dikatakan sebagai air dengan kandungan zat yang cukup kompleks. Seperti yang diketahui, air payau adalah campuran dari air asin dan air tawar. Hal ini juga berarti zat yang terkandung di air laut maupun di air tawar sama-sama terkandung di air payau.

Beberapa zat yang terkandung dalam air payau antara lain kapur dan garam. Masing-masing zat pun juga memiliki kadar yang tinggi dalam air payau. Untuk itu, mesin RO memerlukan membran yang bisa bekerja untuk menyaring air laut dan air tawar. Berarti mesin yang diperlukan tidak perlu terlalu kuat seperti mesin untuk menyaring air laut.

Mesin RO yang diperlukan adalah mesin yang dapat bekerja menyaring kedua jenis air tersebut. Untuk itu, mesin RO memerlukan membrane jenis Brackish Water. Membrane berjenish Brackish water ini bisa menyaring air payau dengan baik apabila diberikan tekanan 125 hingga 175 psi. Tekanan tersebut mampu menyaring kandungan air asin dan tawar yang terdapat dalam air payau secara efektif.

3. Pompa Mesin RO Air Tawar

Jenis pompa yang berikutnya adalah pompa mesin RO untuk air tawar. Air tawar atau air yang biasa dikonsumsi sehari-hari memiliki kandungan yang kurang lebih sama seperti air payau namun dengan kadar yang lebih rendah. Air tawar juga tidak memiliki kandungan zat tertentu yang sangat tinggi seperti kandungan garam pada air laut, sehingga hanya memerlukan mesin bertekanan rendah.

Meskipun hanya memerlukan tekanan yang rendah, mesin RO sudah bisa menyaring air secara efektif. Hal ini dikarenakan sumber airnya. Sumber air tawar lebih ringan disaring daripada sumber air lain seperti air payau dan laut. Karena penyaringan untuk air tawar tidak memerlukan mesin yang terlalu besar, mesin RO air tawar pun lebih banyak beredar di pasaran seperti pada depot pengisian air isi ulang.

Demikian 3 jenis pompa mesin RO dan kegunaannya. Mesin RO ini akan sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari seperti irigasi, konsumsi air untuk hewan, masyarakat dan peternakan, dan masih banyak lainnya. Semoga ulasan di atas bisa membantu pembaca mengenali pompa mesin RO yang dibutuhkan sesuai dengan sumber air yang dimiliki.